Contoh Teks Drama

contoh teks drama

Contoh Teks Drama – Drama merupakan karya sastra yang biasanya berbentuk dialog, percakapan atau lainnya. Sedangkan teks drama merupakan naskah yang berisikan jalan cerita serta arahan sebuah drama yang akan dipentaskan. Untuk contoh teks drama sendiri sudah sangat beragam jenisnya.

Beragam contoh ini karena saat ini banyak sekali yang membutuhkannya, apa lagi anak sekolah yang memiliki pelajaran drama. Hal ini tentunya akan mempermudah memperoleh referensi drama yang diinginkan.

Untuk itu hanya perlu mencari tahu contoh masih-masing dari drama yang biasanya paling dicari. Berikut teks drama yang populer dan sering dijadikan contoh:


1. Contoh Teks Drama Romantis

Contoh Teks Drama

Kisah yang romantis memang cukup banyak peminatnya, hal ini karena penonton akan banyak tertarik dengan kisah manis sepasang kekasih. Berikut contoh teks drama romantis yang dapat dijadikan referensi:

Teks Drama Romantis

Air Mata Haru

Saat pagi buta ada seorang suami istri yang berjalan menuju Masjid, mereka berjalan penuh kebahagiaan untuk menjalankan sholat Subuh.

Suami: Bu, kita ketemu lagi sehabis sholat di sini ya.

Istri: iya Yah (istri tersenyum dengan hangat pada suaminya begitu juga sebaliknya).

Masuklah mereka ke dalam Masjid dan keluar lagi saat selesai sholat. Saat itu sang istri yang terlebih dahulu selesai, ia kebingungan mencari sendalnya yang menghilang.

Suami: kenapa bu?

Istri: sendal ibu enggak ada, padahal tadi ibu letakkan di samping sendal ayah.

Suami: ya sudah bu, mungkin yang mengambil memang lebih perlu sendal itu dari ibu.

Istri: iya Yah, tapi ibu berarti harus pulang dengan jalan tanpa alas kaki.

Ayah: sini Bu biar ayah gendong.

Istri: jangan Yah, ibu berat.

Ayah: ayo cepat, kalau kita kelamaan keburu anak-anak bangun.

Akhirnya sang istri mau digendong suaminya. Air mata sang istri jatuh menetes ke punggung suaminya karena terharu dengan ke baikan dan romantis dari suaminya.

Ayah: jangan jadikan perbuatan Ayah menjadi alasan air mata Ibu jatuh, Ayah hanya ingin melihat Ibu bahagia.

Ibu: saat ini Ibu sangat bahagia, memiliki suami seperti Ayah.

Ayah: terus rawat aku dan anak-anak ya Bu sampai kita tua.

Ibu: iya Yah, Ayah juga jangan lelah menjaga dan menasihati Ibu dan anak-anak.

Baca Juga: Contoh Teks Prosedur


2. Contoh Teks Drama Persahabatan

Contoh Teks Drama

Selain romantis contoh teks drama persahabatan juga memiliki cukup banyak peminatnya. Semua itu karena jalan cerita ringan namun cukup meninggalkan banyak kesan. Berikut contoh teksnya yang dapat dijadikan referensi:

Teks Drama Persahabatan

Amplop untuk Dela

Dela, Riza, Rifwan dan Lia sedang serius menyaksikan Satia yang sedang bertanding. Mereka memang tidak satu SMA namun akrab karena dulu satu SMP. Sehingga terlihat jelas kompak dan mereka saling mendukung sahabatnya seperti contohnya hari ini.

Namun tidak tahu kenapa seperti ada yang aneh dengan Dela hari ini, dia hanya diam dan tentu saja Lia menyadari itu.

Lia: elo kenapa Del? Dari tadi diam aja enggak ada semangatnya.

Riza: iya juga ya, biasanya kalau Satia tanding Dela yang paling heboh teriak.

Rifwan: elo sakit Del?

Dela: enggak, gue baik-baik aja, sudahlah gue ke kamar mandi dulu.

Dela melangkah pergi.

Rifwan: iya aneh, kalau enggak aneh enggak mungkin Dela ke kamar mandi sendirian, dia kan penakut pasti minta antar Lia.

Riza sedang asik mengorek isi tas Dela yang memang tidak dibawa Dela, setelah menemukan smartphone nya Riza mendekat ke pada dua sahabatnya yang sedang kebingungan.

Rifwan: jiwa maling dia hebat banget.

Riza: ini namanya jiwa persahabatan.

Dela: di mana hobinya membobol hp orang mulu.

Riza: salah kalian sendiri, buat Pasword gampang diingat.

Mereka membaca isi chat Dela dan benar saja ternyata Dela sedang ada masalah karena keluarganya sedang kesusahan jadi Dela sudah menunggak uang komite sekolah.

Rifwan memberi tahu Satia yang baru selesai tanding dan kebingungan melihat sahabatnya bertingkah aneh. Setelah selesai bercerita akhirnya mereka menemukan solusinya.

Pertandingan selesai dengan Satia sebagai pemenang, dia menerima hadiah sebesar 5 juta. Untuk membuat masalah Dela terselesaikan tanpa Dela curiga akhirnya Satia memberikan ke empat temannya amplop.

Satia: gue kan menang, entah kenapa jiwa kaya raya gue menjerit mau obral amplop ke kalian.

Rizal: jiwa miskin gue berteriak histeris.

Satia: tapi Cuma satu amplop yang isi uang, sisanya kosong.

Mereka memang sudah bekerjasama dan menandai amplop yang kosong sehingga hanya sisa amplop berisi uang ke pada Dela.

Dela: serius ini uang untuk gue? Kalian enggak ada yang iri.

Lia: jelas elo yang hoki.

Seketika Dela menangis dan langsung dipeluk oleh Lia. Sedangkan yang lainnya menyemangati Dela.


3. Contoh Teks Drama Sekolahan

Contoh Teks Drama

Biasanya guru yang memberikan tugas membuat pentas drama untuk anak sekolahan lebih menyarankan tema sekolahan juga. Hal ini membuat teks drama sekolahan juga cukup populer. Berikut contoh teksnya yang dapat dijadikan referensi :

Teks Drama Sekolahan

Si Arya

Pagi itu seperti biasa murid di kelas sedang bersiap-siap untuk melaksanakan upacara bendera. Tidak ada hal aneh yang terjadi sampai Bendahara kelas kehilangan uang Kas kelas yang ada di dompetnya.

Arya yang duduk dengan Septi memang terkenal sering terlambat ke sekolah. Pagi itu Riko meminta Septi untuk memberi tahu Arya jangan nyumput di kelas saat keadaan kelas kosong.

Saat di pertengahan upacara Rika akhirnya memilih ke UKS karena sakit. Setelah selesai upacara semua kembali ke kelas.

Septi menangis saat membuka tasnya karena uang Kas yang tadi pagi ada sudah tidak ada.

Riko: tenang Sep, nanti kita cari. Gue bilang wali kelas dulu ya.

Rika: jangan Ko.

Riko: kenapa Ka?

Rika: coba kita cari dulu jangan langsung bilang wali kelas, nanti kelas kita tercemar. Arya tadi saat gue masuk kelas elo ada di kelas kan nyumput.

Arya: maksutnya elo nuduh gue?

Rika: siapa yang nuduh, gue mau nanya aja, lo liat orang lain lagi apa enggak.

Arya: uda lagi Ka, bilang aja kalau elo nuduh gue.

Medi: sensi amat Ya, lagian emang lo nyurigain si setiap upacara nyumput terus di kelas. Uang gue waktu itu juga pernah hilang hari senin tapi karena enggak gede gue diam.

Arya: jadi kalian nuduh gue? periksa ni baju sama tas gue.

Septi: uda dong, jangan nyudutin Arya, gue yakin bukan dia. Udalah nanti gue ganti aja uangnya.

Aulia: enggak bisa gitu Sep, ini kan bukan salah elo tapi emang ada maling disini.

Seketika Arya membuka pakaiannya dan mengibaskannya, berjatuhan uang receh sebanyak 4 keping. Arya juga mengambil tasnya dan menumpahkan isinya, tidak ada yang jatuh selain buku dan alat tulis yang lusuh.

Arya: gue emang miskin tapi orang tua gue enggak pernah nyuruh maling.

Seketika suasana menjadi canggung selang beberapa hari malingnya ketahuan yaitu adalah Rika. Namun sejak saat itu Arya tidak berangkat ke sekolah. Rika yang merasa bersalah akhirnya mendatangi Arya yang sedang berjualan koran, Rika meminta maaf dan membujuk Arya kembali bersekolah.

Baca Juga: Contoh Teks Laporan Hasil Observasi


4. Contoh Teks Drama Komedi

Contoh Teks Drama

Kisah drama yang lucu sehingga mampu membuat siapapun yang membacanya tertawa juga cukuplah banyak dicari. Hal ini karena drama akan terasa jauh lebih ceria dan ramai, berikut contoh teks drama komedi yang dapat dijadikan referensi:

Teks Drama Komedi

Cinderlela Vs Emak Tiri

Dikisahkan hiduplah Cinderlela dengan emak tiri serta kedua putrinya Cindelulu dan Cindelola. Tidak seperti kisah Cinderella yang telah mendunia, kisah ini jelas berbeda. Saat itu karena buru-buru Cinderlela memakai sepatu milik ibu tirinya dan pergi ke pesta.

Pangeran: Kau sangat cantik, boleh aku mengetahui namamu?

Suara bel berbunyi menandakan pukul 12 malam telah tiba, Cinderlela berlari meninggalkan Pangeran dengan terburu-buru, sehingga sepatunya terjatuh.

Cinderlela: Adu sepatuku. Sudahlah tinggalkan saja (Cinderlela kembali berlari).

Pangeran dan semua ajudannya mendatangi setiap rumah yang ada untuk mencocokkan kaki setiap wanita dengan sepatu yang ditinggal saat malam pesta. Tibalah pangeran di rumah emak.

Ajudan: siapapun wanita yang ukuran kakinya pas untuk sepatu ini akan menikah dengan pangeran. (Ajudan mengeluarkan sepatu dari kotak)

Emak: ( dalam hatinya “Kok kaya kenal sama sepatu itu”).

Cinderlulu dan Cinderlola saling dorong-dorongan untuk mencoba sepatunya. Sedangkan Cinderlela dikurung dalam kamarnya. Sayangnya sepatu kekecilan untuk Cinderlulu dan kebesaran untuk Cinderlela.

Dengan kekuatan bulan dan bantuan para iblis akhirnya Cinderlela berhasil keluar dari kamarnya dengan mendobrak pintu.

Cinderlela: aku pasti cocok dengan sepatu itu.

Namun tentu saja Cinderlela pun tidak cocok dengan sepatu itu karena kebesaran.

Emak: boleh saya mencobanya?

Pangeran: silakan.

Tentu saja sepatu itu muat di kaki emak karena memang itu sepatunya. Keributan tidak dapat terelakkan antara emak dan Cinderlela, mereka saling menjambak satu sama lain.

Namun tentu saja Pangeran tetap menepati janjinya dan menikah dengan emak. Tetapi berselang seminggu Pangeran menikah lagi dan istri keduanya memfitnah emak hingga diusir dari istana.

Sedangkan Cinderlela hidup bahagia dengan sederhana di rumahnya.


5. Contoh Teks Drama Horor

Contoh Teks Drama

Selain drama yang mengundang tawa ada juga satu drama favorit yaitu horor. Penonton akan dibuat ketakutan namun tetap saja banyak peminatnya. Berikut contoh teks drama horor yang dapat dijadikan referensi:

Teks Drama Horor

Jangan Ketuk 3 Kali

Nina masih saja asik dengan smartphone nya padahal jam sudah menunjukan pukul setengah 12 lewat, hanya beberapa menit lagi tepat tengah malam. Saat ini Nina sedang membaca cerita horor di Webtoon.

Nina: ceritanya benar enggak ya, kalau ada yang mengetuk kaca 3 kali tepat tengah malam bisa ketemu penghuni dalam dunia kaca.

Nina menatap lekat-lekat kaca yang tergantung di dinding kamarnya. Ada perasaan ragu karena takut namun tidak tahu kenapa rasa penasarannya yang besar mengalahkan semuanya.

Sehingga akhirnya Nina berjalan ke arah kaca, sempat beberapa detik memandangi dirinya yang ada di kaca akhirnya Nina nekat mengetuk kaca.

Ketukan pertama tidak ada perubahan, Nina lanjut mengetuk ke dua kali juga tidak ada perubahan tetap hanya wajah dirinya yang ada di kaca. Tepat ketukan ketiga juga tidak ada perubahan.

Nina: boong aja ni cerita, udalah tidur aja gue.

Saat Nina memperhatikan ada yang aneh dengan kamarnya, seketika kamarnya menjadi suram dan seperti gudang. Banyak debu dan darah di mana-mana.

Nina menatap ke cermin dan melihat seorang wanita menyerupai dirinya namun dengan wajah penuh darah. Tersenyum pada Nina.

Wanita Dalam Cermin: Terima kasih sudah mau bertukar dunia dengan ku.

Setelah itu wanita itu melangkah menjauhi cermin dan mulai tidur di kasur Nina, sedangkan Nina tidak dapat keluar dari cermin walaupun sudah didobrak sekencang apapun.

Nina: Tolong! Keluarkan aku dari sini!

Itulah beberapa contoh teks drama yang bervariasi dan dapat dijadikan referensi. Dengan memiliki contoh teks dari sebuah drama tentunya hal ini akan sangat mempermudah.

Sehingga hanya perlu memodifikasi teks yang ada menjadi lebih baik sesuai dengan keinginan. Serta jangan lupa berlatih sehingga saat hari pentas drama, semua akan berjalan sesuai dengan keinginan dan penonton akan puas.

Contoh Teks Drama

Tinggalkan Balasan