Contoh Teks Rekaman Percobaan

contoh teks rekaman percobaan

Contoh Teks Rekaman Percobaan – Teks rekaman percobaan biasanya dibuat oleh penulis untuk melakukan sebuah percobaan. Contoh teks rekaman percobaan terdiri dari 5 bagian utama dan menjadi pokok. Mulai dari tujuan, alat dan bahan, serta langkah-langkah percobaan. Selain itu terdapat juga penjelasan dari hasil, serta kesimpulan dari percobaan tersebut.

Biasanya teks rekaman percobaan seperti ini digunakan sebagai lanjutan setelah melakukan percobaan untuk karya ilmiah dan praktikum. Memang sedikit punya kemiripan dengan teks prosedur, namun masih ada unsur berbeda terutama bagian hasil dan kesimpulan. Kesamaannya dengan teks prosedur ada pada bagian kebahasaannya.

Dalam teks rekaman percobaan menggunakan 3 unsur kebahasaan. Dari mulai sinonim, antonim, serta kata bilangan. Tidak jauh beda dengan teks prosedur. Agar tidak bingung, simak beberapa contoh teks rekaman percobaan di bawah ini. Bisa dibuat sumber referensi atau sekedar untuk pengetahuan.


1. Contoh Teks Rekaman Percobaan Untuk Membuat Taplak Meja Unik

Contoh Teks Rekaman Percobaan

Teks Rekaman Percobaan Untuk Membuat Taplak Meja Unik

Meja akan lebih menarik jika dilapisi dengan taplak sehingga lebih indah penampilannya. Memang banyak sekali toko-toko yang menjual macam-macam taplak meja. Namun, bagi yang ingin terlihat unik dan beda dari yang lain, bisa membuat sendiri di rumah. Begini contoh teks rekaman percobaan membuat taplak meja unik

Tujuan:

Pembuatan taplak meja ini bertujuan untuk pemanfaatan barang-barang yang sudah tidak terpakai.

Alat dan Bahan :

  • Kain perca dengan warna bebas sepanjang 2 meter
  • Benang jahit dan jarum
  • Pensil, gunting, dan kertas
  • Jangka untuk membuat bulatan

Langkah-langkah :

1. Pertama buatlah sketsa gambar. Gambar sketsa pada kertas yang telah disiapkan menggunakan jangka dengan diameter sepanjang 8 cm. Jika sudah jadi gunting sesuai pola sketsa yang telah dibuat.

2. Kemudian tempelkan hasil guntingan sketsa tersebut pada kain perca. Jiplak polanya dengan menggunakan pensil. Setelah itu gunting kain percanya sesuai pola tadi. Ulangi langkah tersebut sampai menjadi kira-kira 60 bulatan.

3. Jahit bagian pinggirnya kemudian tarik setelah itu simpulkan dengan menalikannya, sampai semua bulatan habis.

4. Setelah itu tinggal rangkaikan saja bulatan 1 dengan yang lainnya. Bentuk sedemikian rupa hingga membentuk taplak meja.

5. Setelah dirasa mendapat bentuk yang pas, jahitlah bulatan satu dengan yang lainnya hingga saling terjalin.

6. Ketika sudah terjahit semua, periksa kembali apakah ada yang kurang rapi. Dan taplak meja unik pun siap dipakai.

Hasil :

Taplak meja unik pun sudah jadi. Bisa diletakkan di ruang makan atau ruang tamu. Jika berminat taplak meja buatan sendiri ini juga bisa dikembangkan menjadi usaha.

Kesimpulan :

Pada dasarnya membuat taplak meja dengan kreasi sendiri memang tidak terlalu sulit. Namun lebih membutuhkan ketelitian dan ketelatenan. Agar hasil yang didapat juga lebih rapi dan menarik. Bahkan jika lebih ditekuni, pemanfaatan barang bekas seperti ini juga bisa menjadi ladang usaha yang cukup potensial.

Baca Juga: Contoh Teks Negosiasi


2.Contoh Teks Rekaman Percobaan Tentang Makanan (Membuat Dodol Rumput Laut)

Contoh Teks Rekaman Percobaan

Teks Rekaman Percobaan Tentang Makanan (Membuat Dodol Rumput Laut)

Banyak juga dilakukan percobaan membuat makanan dengan bahan yang tidak biasa. Misalnya dodol yang kebanyakan dibuat dari tepung ketan, bisa menggunakan bahan lain salah satunya rumput laut. Berikut contoh teks rekaman percobaan membuat dodol dengan bahan rumput laut.

Tujuan :

Menurut banyak sumber sudah lebih dulu menyebutkan jika rumput laut ternyata kaya akan nilai gizi yang tinggi. Di Indonesia pun rumput laut menjadi salah satu komoditas pangan dan cukup melimpah. Sayangnya masyarakat belum terlalu paham tentang pengolahan rumput laut yang lezat. Misalnya dengan dibuat menjadi dodol yang manis serta bergizi.

Alat dan Bahan :

1.Rumput Laut bisa kering bisa basah

2.Bahan pelengkap : gula, air, garam

3.Bahan perasa makanan

4.Siapkan wadah bisa panci/wajan dengan ukuran yang cukup besar

5.Peralatan lain : alat pengaduk dan penyaring

Langkah-langkah :

  • Pertama cuci sampai bersih rumput laut yang telah disiapkan. Siapkan wadah, isi air tunggu hingga mendidih. Setelah itu masukkan rumput laut yang sudah dicuci ke dalam rebusan air mendidih tersebut.
  • Sambil direbus, aduk rumput laut hingga keluar sarinya lalu saring.
  • Sisihkan sarinya lalu masak kembali dengan memasukkan garam secukupnya. Setelah itu masukkan juga perasa makanan serta gula sesuai selera.
  • Setelah dirasa cukup kental, segera cetak dodol sesuai selera.

Hasil :

Ternyata rumput laut dapat dikreasikan menjadi jajanan yang unik dan dapat dinikmati semua kalangan. Proses pembuatan yang cukup mudah, dodol bisa dijadikan alternatif bagi yang masih bingung ingin mengolah rumput laut menjadi makanan apa.

Kesimpulan :

Pemanfaatan rumput laut menjadi dodol ternyata tidak hanya disulap menjadi solusi makanan enak saja. Namun juga bermanfaat untuk kesehatan salah satunya adalah bagi metabolisme. Selain itu, menggunakan rumput laut menjadi olahan dodol juga bisa meningkatkan nilai jual rumput laut sebagai hasil komoditi Indonesia.


3. Contoh Teks Rekaman Percobaan Penjernihan Air

Contoh Teks Rekaman Percobaan

Teks Rekaman Percobaan Penjernihan Air

Percobaan paling sering dilakukan terutama saat sekolah yaitu percobaan penjernihan air. Setelah melakukan percobaan pasti pembimbing akan menyuruh membuat laporan percobaannya. Nah di bawah ini adalah teks rekaman percobaan menjernihkan air.

Tujuan :

Air bersih sudah merupakan kebutuhan pokok bagi semua makhluk hidup di bumi khususnya manusia. Keberadaannya yang dirasa sudah mulai menipis memaksa manusia harus memutar otak untuk menjaga kestabilannya. Cara yang dilakukan adalah dengan mendaur ulang air melalui proses penyaringan.

Alat Dan Bahan :

1.Botol air mineral bekas yang transparan

2.Batu agak besar

3.Sabut kelapa

4.Kerikil

5.Arang

6.Pasir

7.Silet/cutter

Langkah-langkah :

  • Ambil botol plastik bekas, kemudian lubangi bagian bawahnya menggunakan cutter. Sementara bagian atas biarkan terbuka dengan menghilangkan tutup botolnya.
  • Susun semua material yang telah disiapkan. Lapisan pertama yaitu pasir, kemudian arang, kerikil, batu, dan terakhir sabut kelapa.
  • Cobalah masukkan air kotor melalui bagian botol yang tadi dilubangi. Amati air yang nanti keluar setelah melewati beberapa material tersebut.

Hasil :

Air kotor yang dimasukkan dalam botol setelah keluar akan berubah menjadi lebih jernih. Hal ini karena kotoran yang ada pada air kotor tadi secara tidak langsung akan diserap atau ditahan oleh material yang disusun tadi. Sehingga begitu keluar akan berubah menjadi lebih jernih dan bersih.

Kesimpulan :

Percobaan penjernihan air dengan memanfaatkan beberapa material seperti pasir, kerikil, arang, dan lain-lain memang hanya menghasilkan perubahan kecil. Yaitu air kotor menjadi lebih jernih saja. Namun bisa membawa manfaat yang besar jika menyangkut ketersediaan air jernih dunia.


4. Contoh Teks Rekaman Percobaan Untuk Membuat Hiasan Berupa Lampion

Contoh Teks Rekaman Percobaan

Teks Rekaman Percobaan Untuk Membuat Hiasan Berupa Lampion

Biasanya ruangan yang kosong, kurang menarik sehingga diperlukan hiasan agar terkesan lebih cantik. Lampion bisa menjadi pilihan hiasan ruangan yang cukup mudah dibuat. Setelah berhasil membuatnya bisa langsung dituangkan dalam teks rekaman percobaannya. Berikut teks rekaman percobaan membuat hiasan ruangan berupa lampion.

Tujuan :

Ruangan yang cukup sepi, bisa dipercantik dengan hiasan berupa lampion. Tidak hanya sebagai hiasan saja, lampion juga bisa dimanfaatkan sebagai penerang ruangan. Membuat lampion yang cantik bisa dengan memanfaatkan bahan seadanya tapi dibuat lebih kreatif.

Alat dan Bahan :

1.Lilin secukupnya

2.Kertas minyak dengan warna sesuai selera

3.korek api elektrik

4.Lem kertas

5.Kerangka yang terbuat dari bamboo

Langkah-langkah :

  • Susun kerangka bambu sesuai selera
  • Potonglah kertas minyak aneka warna sesuai pola kerangka. Tempelkan ke kerangka bambu tersebut dengan menggunakan lem. Ingat sisakan bagian atas dan bawah (jangan ditutup kertas).
  • Buatlah alas untuk tempat menyalakan lilin. Sesuaikan dengan ukuran kerangka lampion.
  • Terakhir nyalakan lilin, tempatkan pada alas yang telah disiapkan. Lampion pun sudah siap digunakan.

Hasil :

Lampion yang cantik ternyata bisa dibuat dari memanfaatkan bahan seadanya. Namun bisa menjadi penghias sekaligus penerang ruangan. Selain itu, cara membuatnya juga tergolong sangat sederhana dan mudah dilakukan.

Kesimpulan :

Benda yang cantik dan menarik juga bisa dibuat dari bahan bahan murah bahkan bekas sekalipun. Seperti contohnya dengan membuat lampion unik. Semua alat dan bahan yang diperlukan untuk membuatnya tergolong sangat mudah ditemukan. Begitu juga saat proses pembuatannya yang cukup sederhana.

Baca Juga: Contoh Teks Diskusi


5. Contoh Teks Rekaman Percobaan Membuat Slime Tanpa Penambahan Boraks

Teks Rekaman Percobaan Membuat Slime Tanpa Penambahan Boraks

Slime menjadi popular di kalangan anak-anak bahkan remaja saat ini. Mainan mirip “malam” yang sempat terkenal zaman dulu ini, laris diborong pembeli. Siapa sangka, sebetulnya mainan ini bisa dibuat sendiri di rumah. Bahkan bisa lebih aman dibanding beli di pasaran karena dibuat tanpa menambahkan boraks. Berikut teks rekaman percobaan selengkapnya

Tujuan :

Slime bisa disebut mainan yang mempunyai tekstur elastis, lembut, serta kenyal. Sebetulnya slime banyak dijual di pasaran namun masih dipertanyakan keamanannya karena diduga mengandung borak sebagai pengawet. Jadi lebih aman membuatnya sendiri di rumah. Selain itu bisa lebih kreatif karena bisa memadukan beragam warna sesuai selera.

Alat Dan Bahan :

1.Lem Povinal

2.Detergen Bubuk

3.Cairan Pembersih Lantai

4.Pengaduk (mixer, sendok, atau bisa menggunakan tangan)

5.Air bersih

6.Detergen cair

7.Wadah slime (baskom, tempat plastic, dan lain-lain)

Langkah-langkah :

1.Campurkan semua bahan untuk membuat activator. Mulai dari lem, detergen cair dan bubuk,cairan pembersih lantai, serta air. Campurkan semua pada wadah yang sudah disiapkan.

2.Setelah rata dan menjadi activator yang sempurna, campurkan lagi dengan sebagaian lem povinal.

3.Aduk kembali hingga memiliki struktur yang agak menggumpal.

4.Kemudian masukkan campuran tersebut dalam frezer. Lama proses pendinginannya kira-kira 5 hingga 10 menit.

5.Setelah 10 menit, keluarkan campuran tadi lalu aduk-aduk. Hingga kira-kira bisa untuk dimainkan. Slime pun siap digunakan dan langsung dapat dimainkan.

Hasil :

Membuat mainan slime ternyata tidak seberapa sulit. Membuat sendiri selain lebiuh murah, juga bahan yang digunakan bebas borax. Sehingga lebih aman dan bisa lebih bisa berkreasi sendiri.

Kesimpulan :

Membuat slime sendiri di rumah tanpa harus membeli di pasaran punya banyak manfaat. Selain lebih murah, bahan yang digunakan juga lebih aman karena tidak mengandung borax seperti membeli slime di pasaran. Selain itu pengetahuan dan kreativitas dapat berkembang ketika mencoba sendiri membuat slime di rumah.

Itulah beberapa contoh teks rekaman percobaan dengan beragam tema. Mulai dari membuat taplak meja unik, membuat dodol dari rumput laut, serta pemanfaatan bahan seadanya untuk membuat lampion unik. Selain itu ada juga teks rekaman percobaan penyaringan air yang sering dilakukan di sekolah dan percobaan membuat slime sendiri di rumah.

Jika merasa kesulitan dalam membuat teks rekaman percobaan bisa melihat salah satu contoh di atas. Mudah-mudahan contoh teks rekaman percobaan diatas bisa lebih bermanfaat untuk semua pembaca maupun yang sedang membutuhkan referensi.

Contoh Teks Rekaman Percobaan

Tinggalkan Balasan