Dampak Banjir

Dampak Banjir

Dampak Banjir – Hampir di seluruh wilayah Indonesia ketika saatnya musim penghujan tiba, maka bencana alam yang tak asing di dengar yakni banjir akan terjadi di mana-mana.

Berbagai macam dampak banjir pun akan terjadi sesaat setelah banjir itu surut. Kurangnya kesadaran dari masyarakat sendiri membuat bencana alam ini tidak bisa dielakkan lagi.


Dampak Banjir Yang Sering Dirasakan Oleh Masyarakat

Dampak Banjir

Sebagaimana yang telah dijelaskan di atas, bahwa bencana alam banjir ini banyak sekali dampaknya bagi masyarakat. Adapun dampak banjir yang sering dirasakan oleh masyarakat antara lain sebagai berikut.


1. Aktivitas Warga Menjadi Mati

Dampak banjir yang pertama adalah aktivitas warga menjadi mati. Contohnya saja saat banjir merendam suatu daerah dengan ketinggian satu meter saja, tentunya akan membuat aktivitas warga menjadi lumpuh atau mati.

Pakaian serta berbagai macam perabotan rumah tangga pun ikut terbawa air, sehingga kerugian baik secara material maupun financial  akan dialami oleh warga daerah yang terkena banjir tersebut. Selain itu, aktivitas kerja untuk mendapatkan makanan dan keperluan lainnya akan terganggu.


2. Kerugian Ekonomi Yang Sangat Besar

Sebagaimana yang sudah dijelaskan di atas, dampak dari banjir sendiri akan menimbulkan kerugian dari sekotor ekonomi yang sangat besar. Barang-barang yang ikut terbawa arus, lahan pertanian hancur, binatang ternak terbawa arus, bahkan ada yang mati tentunya menimbulkan kerugian yang sangat besar sekali.

Dan hal tersebut tentunya berimbas pada pendapatan sektor ekonomi nasional yakni terhambatnya perputaran dari ekonomi nasional itu sendiri.


3. Kesulitan Air Bersih

Dampak dari banjir yang selanjutnya adalah kesulitan mendapatkan air bersih. Air bersih yang menjadi salah satu kebutuhan pokok baik digunakan untuk minum, memasak makanan, atau dilakukan untuk bersih-bersih akan terasa sulit didapat saat sebagian wilayah terkena bencana banjir. Sehingga kebutuhan air bersih tentunya sangat dibutuhkan sekali di setiap posco pengungsian banjir.


4. Timbulnya Masalah Kesehatan

Selain ke tiga dampak banjir di atas, timbulnya masalah kesehatan  pun menjadi salah satu dampak dari bencana alam banjir itu sendiri. Air yang kotor, adanya genangan, serta kurangnya pasokan air bersih tentunya dapat menimbulkan berbagai macam kesehatan.

Selain itu, penyebaran wabah penyakit pun akan semakin meluas. Penyakit yang timbul di tengah-tengah kondisi banjir merupakan penyakit yang banyak rentan menyerang pada anak-anak serta rentan menyerang pada lansia.

Hal tersebut terjadi karena perilaku hidup sehat dan bersih atau yang lebih sering dikenal dengan PHBS tidak dilakukan dengan baik dan benar. Perilaku PHBS itu sendiri antara lain melakukan cuci tangan setelah kontak langsung dengan air banjir tidak dilakukan dengan benar atau malah tidak dilakukan sama sekali.

Anak-anak dibiarkan bermain ditengah-tengah kondisi genangan air banjir atau ditengah-tengah genangan air yang sudah tercampur dengan air banjir itu sendiri.

Sedangkan di Indonesia sendiri salah satu penyakit yang sering menyerang para korban banjir adalah demam berdarah. Selain itu penyakit-penyakit yang disebabkan oleh binatang pengerat seperti leptospirosis yang sering banyak ditemui pada korban banjir.

Bakteri leptospira ini banyak sekali ditemukan pada tikus, yang penyebarannya sendiri dari urinenya yang terkontaminasi langsung dengan air serta makanan yang langsung bersentuhan dengan kulit manusia.


5. Menimbulkan Korban Jiwa

Dampak banjir yang selanjutnya adalah menimbulkan korban jiwa. Korban yang meninggal sendiri bisa diakibatkan karena terseret dari arus banjir itu sendiri, atau karena adanya luapan air yang tidak dapat diprediksi munculnya. Hal tersebut sangat mungkin terjadi jika banjir itu sendiri terjadi di tengah-tengah pemukiman warga yang padat.

Selain itu, korban jiwa dalam bencana alam banjir ini pun bisa juga diakibatkan oleh penyakit yang menjangkit korban banjir itu sendiri. Penggunaan listrik atau peralatan elektronik yang terendam banjir serta sengatan yang berasal dari tiang listrik yang tidak dipadamkan oleh pihak PLN terkadang menjadi salah satu faktor yang menimbulkan korban jiwa saat banjir melanda.


6. Kesehatan Jiwa Terganggu

Bukan hanya kesehatan saja yang terganggu, lebih dari itu kesehatan jiwa para korban banjir pun sering kali terjadi. Salah satu kesehatan jiwa yang terganggu saat bencana alam datang antara lain depresi, kecemasan, posttraumatic stress syndrome atau lebih dikenal dengan PTSD serta kondisi yang paling berat yang akan dialami adalah bunuh diri. Namun sayangnya, penanganan kesehatan jiwa para korban banjir ini jauh dari kata prioritas.


7. Mudah Terjangkit Penyakit ISPA

Selain berbagai macam gangguan kesehatan yang lainnya, penyakit yang sering menimpa korban banjir adalah mudahnya terjangkit penyakit ISPA. Hal tersebut karena cuaca daerah yang menerjang daerah banjir itu sendiri menjadi dingin.

Dengan begitu, penyakit ISPA atau infeksi saluran pernapasan pun akan mudah menyerang korban banjir itu sendiri. Contohnya seperti pilek, batuk, bronkitis, asma, dan penyakit ISPA lainnya.


8. Hilangnya Pekerjaan Atau Mata Pencaharian

Dampak banjir selanjutnya adalah para korban banjir banyak yang hilang pekerjaan atau mata pencaharian. Hal tersebut karena sawah, ladang, bahkan perusahaan-perusahaan banyak yang terendam. Hal tersebut tentunya akan membuat para korban banjir kehilangan mata pencaharian mereka.


9. Penyakit Yang Diderita Bertambah Semakin Kronis

Dan dampak banjir yang terakhir adalah penyakit yang diderita semakin kronis. Hal tersebut karena diperparah dengan kondisi banjir itu sendiri yang bisa membuat segala aktivitas warga menjadi lumpuh dan mati, sehingga untuk melakukan pengobatan pun akan terhambat karena akses untuk menuju ke rumah sakit atau tempat untuk berobat tidak memungkinkan.

Dengan begitu, penyakit yang diderita pun akan semakin bertambah kronis. Dan yang lebih parahnya bisa saja penyakit yang diderita akan bertambah dengan penyakit lainnya yang biasa terjadi saat banjir melanda.


Cara Menanggulangi Banjir

Dampak Banjir

Saat bencana alam melanda, tentunya akan banyak sekali dampak-dampak yang akan terjadi pada wilayah yang terkena dampak dari banjir itu sendiri. Dengan begitu, maka tentunya harus ada penanggulangan tersendiri agar banjir tidak melanda setiap wilayah yang ada di  Indonesia. Salah satu cara menanggulangi banjir yang pertama adalah tidak membuang sampah sembarangan.

Di dunia ini, setiap selokan parit, sungai, serta saluran yang lainnya mempunyai saluran masing-masing untuk mengalirkan air sampai ke hulu. Namun karena saluran ini tidak mampu mengalirkan air dengan deras serta kalah dengan air hujan sendiri, menyebabkan sampah yang dibuang sembarangan menumpuk pada saluran tersebut.

Sehingga menyebabkan air meluap dan masuk ke daratan atau ke permukiman warga yang disebut dengan bencana banjir. Maka dari itu, solusi untuk mengatasi masalah itu semua adalah dengan cara membuang sampah pada tempatnya.

Selain dengan cara membuang sampah pada tempatnya, cara menanggulangi banjir sendiri adalah dengan cara melakukan penghijauan. Untuk mencegah terjadinya banjir, penghijauan sendiri merupakan salah satu cara yang sangat efektif.

Karena akar-akar pohon mampu menyerap air dengan efektif serta dapat digunakan sebagai air cadangan di dalam tanah atau akar dari pohon itu sendiri. Dengan melakukan penghijauan ini, maka tentunya akan bermanfaat sekali untuk menanggulangi banjir itu sendiri.

Itulah dampak banjir serta cara menanggulangi banjir itu sendiri. Dengan mengetahui dampak-dampak yang akan terjadi, maka tentunya harus lebih berhati-hati lagi saat banjir melanda.

Sedangkan dengan mengetahui bagaimana cara menanggulangi banjir itu sendiri, maka diharapkan agar semua kalangan saling kerja sama untuk melakukan penanggulangan banjir. Agar bencana alan banjir pun tidak  terjadi lagi, khususnya di negara Indonesia ini.

Dampak Banjir

Tinggalkan Balasan