Pengertian Globalisasi

Pengertian Globalisasi

Pengertian Globalisasi – Kecanggihan informasi da teknologi membuat perubahan yang sangat besar bagi umat manusia. Hal ini membuat manusia masuk dalam era globalisasi.

Kata globalisasi sendiri memang sering di dengar oleh telinga. Namun, tidak semua orang memahami pengertian globalisasi sendiri. Untuk itu berikut ulasan tentang pengertian globalisasi beserta dampak yang mempengaruhinya.


Pengertian Globalisasi Secara Etimologis Dan Menurut Ahli

Pengertian Globalisasi

Globalisasi juga memiliki pengertian yang beragam jika di lihat dari penjelasan para ahli maupun dari tata bahasa. Berikut ulasan pengertian globalisasi :

1. Secara Etiomologis

Pengertian globalisasi berasal dari bahasa Inggris yaitu dari kata global atau universal yang artinya luas dan liztion yang berarti proses. Jadi, globalisasi adalah proses yang tidak memiliki batasan baik itu secara wilayah ataupun pemikiran.

2. Menurut L. Nyeman

Pengertian globalisasi adalah sebuah pertumbuhan yang berlangsung cepat. Proses ini disebabkan oleh ketergantungan berbagai negara pada perdagangan maupun keuangan.

3. Menurut Scholte

Pengertian globalisasi adalah sebuah proses pertumbuhan yang cepat yang disebabkan ketergantungan berbagai negara, dan juga untuk mempertahankan identitas masing-masing.

4. Menurut Tom G. Palmer

Pengertian globalisasi adalah sebagai penyusutan atau penghapusan batasan negara-negara, lalu diberlakukan pembatasan pertukaran lintas batas dan sistem global yang terintegrasi. Hal yang perlu diperhatikan juga akibat dari globalisasi itu sendiri.

Kesimpulan dari berbagai pengertian globalisasi diatas adalah tidak adanya batasan dari berbagai negara namun juga tidak kehilangan identitas dari masing-masing negara demi menjaga stabilitas keuangan dan perdagangan.


Ciri-Ciri Globalisasi

Pengertian Globalisasi

Adapun berbagai ciri dengan adanya fenomena globalisasi adalah sebagai berikut :

1. Perubahan Konsep

Era globalisasi membuat berubahnya konsep antara ruang dan waktu. Tidak ada batasan-batasan ketika globalisasi muncul. Setiap orang akan mudah mengakses apapun yang mereka inginkan hanya menggunakan teknologi.

2. Pasar Dan Produksi

Setiap negara akan saling bergantung satu sama lainnya. Hal ini disebabkan oleh pertumbuhan perdagangan internasional. Organisasi semacam WTO juga mempengaruhi perilaku pasar dan produksi.

3. Peningkatan Interaksi

Interaksi dengan berbagai masyarakat belahan dunia lain akan semakin mudah. Terutama munculnya berbagai macam sosial media dan grup kencan. Dengan adanya hal ini maka perkawinan silang antar ras akan semakin banyak.

4. Menularnya Kebudayaan

Karena mudahnya informasi atau produk luar negeri, maka pertukaran kebudayaan akan semakin mudah didapatkan. Pertukaran kebudayaan ini bisa dari film, musik, fashion dan sebagainya. Setiap individu akan mudah dalam mengekspresikan dirinya.

5. Timbulnya Masalah Bersama

Karena kompleksnya jalan perekonomian dan perdagangan, hal ini juga memicu timbulnya masalah dari berbagai negara. Misalnya inflasiregional, masalah lingkungan hidup dan sebagainya.


Teori Tentang Kemunculan Globalisasi

Pengertian Globalisasi

Karena kemajuan teknologi dan informasi akan memunculkan berbagai teori. Dari semua teori, ada beberapa teori yang mudah di pahami. Teori ini berasal dari Chocrane dan Pain.

Menurutnya ada tiga peran utama dalam berjalannya globalisasi. Pemeran globalisasi diantaranya yaitu para globalis, para tradisionalis, dan para transformalis.

Para globalis mengatakan jika kehadiran globalisasi bisa menguntungkan jika pemikiran masyarakat mulai terbuka akan hal-hal diluar budayanya dan toleran.

Negatifnya dari datangnya globalisasi adalah negara adi daya bisa saja menjajah budaya dari negara lain, karena keterbukaan informasi.

Para tradisionalis menganggap globalisasi merupakan dampak perubahan yang sudah terjadi sejak zaman dahulu. Orang yang memiliki pikiran seperti ini tidak menganggap jika globalisasi sudah terjadi.

Mereka menganggap ini adalah hal yang lumrah. Para transformalis berada di kedua pemikiran para globalis dan tradisionalis. Mereka mengakui jika globalisasi sudah terjadi namun sedikit di lebih-lebihkan.


Sejarah Globalisasi

Pengertian Globalisasi

Para ahli sejarah memiliki pendapat jika globalisasi mulai berkembang pada sekitar abad 20-an. Pada hakekatnya globalisasi ada sejak manusia sudah mengenal perdagangan antar negara. Hal ini terjadi pada sekitar tahun 1000 dan 1500 sekitar masehi.

Tanda dari perdagangan globalisasi ini adalah adanya perdagangan kaum muslim di Asia dan Afrika. Kaum muslim ini membentuk jaringan perdagangan  ke wilayah Jepang, Vietnam, Cina, Malaka, Indonesia, India, Persia, Venesia, Laut Tengah dan Genoa. Fase selanjutnya adalah eksplorasi besar-besaran oleh bangsa Eropa seperti Spanyol, Portugis, Belanda, dan Inggris.


Faktor Penyebab Globalisasi

Pengertian Globalisasi

Disetiap akibat pasti ada sebab. Begitu pula dengan globalisasi. Penyebab dari terjadinya globalisasi adalah sebagai berikut :

1. Munculnya Teknologi Dan Informasi

Semakin lama teknologi dan informasi semakin berkembang. Mobilisasi masyarakat dunia juga semakin berkembang dan lebih kompleks. Hal inilah yang memicu globalisasi terjadi karena pergerakan perdagangan dan keuangan bisa semakin mudah di lakukan.

2. Kerja Sama Dari Berbagai Negara Semakin Mudah

Karena kemajuan teknologi dan informasi di berbagai negara membuat kerja sama semakin mudah dilakukan. Sektor ekonomi semakin meningkat dan mudah mendapatkan produk dari mancanegara.

3. Kemudahan Transportasi

Karena teknologi semakin berkembang, maka transportasi juga berkembang. Setiap negara bisa mengirimkan prodaknya dengan mudah dengan teknologi transportasi saat ini.

4. Ekonomi Terbuka

Era globalisasi membuat ekonomi menjadi terbuka. Perdagangan global mudah di terima yang menyebabkan unsur budaya di tempat lain juga ikut masuk. Transaksi keuangan juga semakin kompleks dan menjadi lebih besar dari negara satu ke negara lain.

5. Unsur Budaya

Era globalisasi bisa terjadi ketika negara tersebut bisa menerima unsur budaya dari negara lain. Sehingga, kegiatan ekonomi dan keuangan bisa berjalan sesuai dengan target yang ditentukan.

Inti dari semua faktor diatas adalah globalisasi terjadi untuk kepentingan ekonomi dan keuangan suatu negara.


Dampak Globalisasi

Pengertian Globalisasi

Globalisasi juga memiliki dampak untuk berbagai negara. Baik dampak positif maupun negatif. Untuk itu masyarakat juga perlu memahami kebebasan globalisasi. Hal ini di lakukan agar masyarakat bisa antisipasi dengan resiko yang akan di hadapi.

Dampak positif dari globalisasi adalah kemudahan dalam memperoleh informasi. Masyarakat dimanjakan dengan berlimpahnya pengetahuan dan kemudahan untuk mengaksesnya.

Selain itu, kehidupan sosial ekonomi akan meningkat seiring berkembangnya ilmu pengetahuan. Teknologi informasi dan transportasi juga akan membuat mobilisasi masyarakat semakin meningkat.

Dampak negatif dari adanya globalisasi adalah mudahnya budaya luar untuk mempengaruhi budaya lokal, sehingga ciri khas suatu negara akan mengalami pergeseran. Masyarakat akan semakin menjadi individualis disebabkan oleh ketergantungannya dengan teknologi.

Semakin tinggi kegiatan perdagangan akan membuat banyak polusi dalam prosesnya. Globalisasi juga akan membuat mudahnya barang atau hal yang tidak di inginkan untuk diakses. Selain dampak diatas, globalisasi juga memiliki dampak dalam bidang ekonomi, politik, pendidikan dan lain sebagainya.

Dampak globalisasi dalam bidang politik adalah masyarakat akan lebih terbuka dengan pemikiran politik dari berbagai negara. Negara juga akan lebih terbuka dengan sistem tata negara dari negara lain. Dampak negatif globalisasi untuk politik adalah akan membuat banyak orang yang haus akan kekuasaan.

Dampak globalisasi dalam bidang ekonomi adalah pemenuhan barang kepada masyarakat akan menjadi mudah. Berbagai barang dari luar negeri bisa dengan mudah didapatkan karena adanya globalisasi.Untuk pasar dalam negeri bisa mengekspor hasil bumi atau produk ke luar negeri.

Dampak globalisasi dalam bidang pendidikan adalah terbukanya untuk menerima pelajar dari luar negeri. Baik dengan program beasiswa maupun mandiri.

Lingkungan pendidikan akan menjadi lebih majemuk dengan berbagai kebudayaan. Dari lingkungan pendidikan ini akan banyak orang luar negeri yang akan mempelajari kebudayaan dari dalam negeri.

Pengertian Globalisasi

Tinggalkan Balasan