Pengertian Seni

Pengertian Seni

Pengertian Seni – Setiap manusia memiliki sisi kreatifitasnya masing-masing dengan hasil keterampilan dan rasa keindahan yang sering disebut sebagai sebuah karya seni. Pengertian seni diartikan sebagai sebuah karya pengungkapan rasa keindahan yang menyajikan beberapa bentuk kreatifitas.

Pengungkapan seni tersebut bisa terbagi ke dalam berbagai jenis dan macamnya. Beberapa contoh jenis atau macam-macam seni dapat terbagi menjadi 3 macam sebagai berikut:


Pengertian Seni

Pertama adalah seni rupa

Sering dianggap sebagai salah satu macam seni yang hasilnya berupa

  • Gambar
  • Lukisan
  • Patung
  • Kerajinan tangan

Hasil karyanya lebih berupa sebuah seni yang berwujud benda 2 dimensi ataupun 3 dimensi. Seni yang satu ini paling banyak digemari oleh pecinta seni karena keindahan bentuknya

Kedua berupa seni musik

Sesuai dengan namanya, seni ini berupa hasil karya sebuah melodi ataupun harmoni yang menghasilkan suara ataupun bunyi yang indah. Pengertian seni musik lebih mengacu pada hasil karya yang dinikmati para penggemarnya. Hasil seni ini biasanya berupa sebuah lagu, alunan nada, ataupun suara permainan sebuah alat musik.

Ketiga adalah seni budaya

Seni yang selanjutnya yang paling sering terdengar adalah seni budaya. Seni ini sangat lekat dengan kebudayaan suatu negara atau daerah yang menghasilkan suatu atau beberapa keindahannya. Misalnya saja seperti seni tari-tarian, adat, ataupun seni lainnya. Seni budaya menjadi seni yang jenisnya paling beranekaragam sesuai dengan masing-masing daerahnya.


Pengertian Seni Secara Khusus

Pengertian Seni

Meskipun seni sering dianggap sebagai salah satu media untuk menampilkan keindahan, namun pada kenyataannya, karya seni menjadi suatu hal yang sulit untuk dinilai.

Bahkan ada beberapa seni yang dapat dinikmati keindahannya hanya pada kalangan-kalangan pecinta seni tertentu. Meskipun demikian, seni tetap dianggap sebagai suatu hasil karya yang dapat dinikmati keindahannya.

Pengertian Seni Menurut Para Ahli

Seni menurut para ahli juga sering diartikan sebagai wadah atau media seseorang dalam menuangkan pikiran dan emosinya. Para pecinta seni terkenal memiliki sebuah pemikiran yang lebih peka, memiliki simpati terhadap orang lain, dan pandai dalam menempatkan emosinya. Ekspresi tersebut kemudian mereka tuangkan ke dalam bentuk karya seni yang memiliki estetika dan keindahan.

Pengertian Seni Secara Umum

Seni secarara umum merupakan sebuah hal yang diciptakan oleh manusia terutama para pecinta seni yang di dalamnya terdapat sebuah hasil dengan unsur keindahan. Dengan kata lain seni sebagai sebuah ciptaan hasil karya dari semua yang memiliki keindahan yang dapat dinikmati oleh banyak orang.


Fungsi Seni Secara Individu

Pengertian Seni

Mungkin tidak hanya untuk dinikmati hasil karyanya, tentunya sebuah karya seni memiliki sebuah fungsi ataupun kegunaan, baik bagi individu ataupun kelompok sosial sebuah masyarakat. Hadirnya seni dapat menjadi sebuah jembatan ataupun media untuk mengekplorasi dan menuangkan pikiran para pelakunya. Berikut pembahasan beberapa fungsi seni baik bagi individu maupun sosial.

Bagi individu mungkin pengertian seni lebih mengacu kepada penuangan karakter ataupun hasil pemikirannya secara pribadi. Seni lebih dianggap sebagai media untuk menyalurkan atau mengasah sebuah bakat dan kemampuan seorang individu. Dengan menuangkan ide-ide yang muncul, pikiran tersebut akan menghasilkan sebuah karya seni yang patut untuk dibanggakan dan diapresiasi.

Selain untuk kepentingan emosional secara pribadi,biasanya para individu lebih membuat hobi dalam bidang seni mereka untuk mendapatkan sebuah pekerjaan. Misalnya saja mereka melakukan penjualan terhadap hasil karya seni yang telah dibuat. Karena membutuhkan sebuah kemampuan tertentu, tak jarang hasil-hasil karya ini memiliki nilai jual yang cukup mahal dan fantastis.


Fungsi Seni Secara Sosial

Pengertian Seni

Selain fungsi individu, karya seni juga dapat memiliki fungsi seni terhadap beberapa aspek dalam masalah sosial. Kebutuhan sosial tersebut banyak terpenuhi melalui berbagai jenis karya seni yang telah dihasilkan. Berikut beberapa fungsi sosial yang dapat diperoleh dari hasil karya sebuah seni dan kreatifitas.


1. Fungsi Keagamaan

Sebuah karya seni yang dihasilkan dapat memberikan sebuah kesan religi dalam suatu keagamaan. Contohnya saja seperti hasil karya seni rupa berupa ukiran kaligrafi yang berguna untuk keindahan sebuah rumah ataupun tempat ibadah, ataupun musik-musik religi yang dapat meneduhkan pikiran dalam mengisi aktivitas keagamaan.


2. Fungsi Hiburan

Salah satu fungsi karya seni yang banyak disukai para penggemarnya adalah sebagai sarana hiburan. Banyak para pelaku seni menghasilkan karya-karyanya demi memuaskan keinginan atau menuangkan ide yang ada di dalam pikirannya. Bahkan bisa dibilang para pelaku seni tersebut menyalurkan hobinya ke dalam sebuah hasil karya seni.


3. Fungsi Pendidikan

Seni juga bisa digunakan sebagai media dalam dunia pendidikan. Salah satu contohnya pada seni musik dalam penggunaan alat-alat musik pada umumnya. Atau bisa juga pada seni-seni yang terdapat pada buku-buku pelajaran seperti gambar ataupun lukisan. Selain itu juga seperti patung-patung peraga pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam dan lain sebagainya.


4. Fungsi  Komunikasi

Sedangkan untuk media komunikasi, seni pada budaya wayang kulit, pagelaran teater, ataupun tarian bisa digunakan sebagai kritik ataupun penyampaian sebuah pesan sosial. Karya seni tersebut dapat disampaikan oleh masyarakat ataupun pelaku seni lainnya dengan maksud untuk menunjukkan suatu tujuan atau gagasan tertentu.


5. Fungsi Keindahan

Dalam karya seni jenis seni rupa, seni ini banyak digunakan untuk melengkapi keindahan pada kebutuhan rumah tangga melalui berbagai furniturnya. Selain bisa menuangkan ekspresi dan kreatifitas, seni rupa yang digunakan sebagai perlengkapan ataupun peralatan rumah tangga dapat menunjukkan kecintaan ataupun minat terhadap aspek keindahan tertentu.


6. Fungsi Artistik

Dalam pemanfaatan sebuah seni yang digunakan dalam hal pribadi,  fungsi seni dapat berguna sebagai media para seniman dalam menyajikan berbagai karyanya. Seperti sebuah pertunjukan berbagai jenis tarian kontemporer, musik kontemporer, dan seni rupa kontemporer dimana kesenian tersebut hanya bisa dinikmati oleh sesama seniman ataupun komunitasnya. Dengan kata lain seni tersebut tidak bisa dinikmati oleh para pengunjung ataupun masyarakat luas.


7. Fungsi Kesehatan

Mungkin kedengarannya sedikit janggal bagaimana mungkin sebuah karya seni dapat berhubungan bahkan bermanfaat bagi kesehatan seseorang. Namun pada kenyataannya memang benar, sebuah karya seni yaitu seni musik terbukti dapat membantu mengobati para penderita gangguan physic dengan pengobatan terapi musik.

Gangguan physic tersebut misalnya berupa penyakit autisme, gangguan psikologis, ataupun trauma atau phobia yang berlebihan terhadap sesuatu. Berdasarkan survey, seni musik dapat menghasilkan sebuah gelombang alfa yang dapat membantu untuk menenangkan jaringan neuron pada otak yang berguna untuk mempertajam pikiran seseorang.

Pengertian seni memang dapat diartikan secara lebih luas dengan beberapa aspek dan pembagian jenis  serta fungsinya. Selain dapat menikmati keindahannya, seni juga bisa digunakan sebagai media untuk menyalurkan ide maupun gagasan sebuah pikiran. Selain untuk memenuhi kebutuhan individual, karya seni juga bisa sebagai media penyampaian pesan dalam aspek sosial.


Itulah beberapa informasi dan penjelasan mengenai pengertian seni beserta macam jenis dan fungsinya. Selain untuk menambah pengetahuan, informasi di atas juga bisa digunakan sebagai acuan dalam menentukan kemana arah seni yang ingin digeluti ataupun dipelajari apabila ingin terjun ke dalam dunia seni, ataupun hanya ingin sebagai penikmat dan penggemarnya saja.

Pengertian Seni

Aliran Seni Lukis

Ayu Utami
3 min read

Seni Rupa 2 Dimensi

Ayu Utami
3 min read

Pengertian Seni Tari

Ayu Utami
4 min read