Resep Urap Sayur

Resep Urap Sayur

Resep Urap Sayur – Salah satu makanan tradisional yang digemari yaitu urap sayuran.  Masakan tradisional Indonesia satu ini mempunyai rasa enak, beserta kombinasi bahan-bahan sederhana untuk membuatnya.

Meskipun masakan tradisional, urap sayur tiap daerah di Indonesia ternyata tidak sama. Setiap daerah memiliki resep urap sayur yang berbeda-beda, ada yang khas dengan rasa pedas, rasa manis, dan banyak lagi.


1. Resep Urap Sayur Khas Sunda

Resep Urap Sayur

Urap sayur juga cukup di gemari di Jawa Barat, beberapa acara tradisional mengkhaskan makanan ini sebagai pelengkap. Urap urap sayur sering disebut urap kelapa dengan beberapa bumbu kelapa parut yang menjadi ciri khas kelezatannya.

Selain itu terdapat perpaduan bumbu halus urap sayuran juga membentuk pembentuk cita rasa yang tak mampu menahan liur. Berikut ini bahan dan cara membuat urap sayur khas sunda :

Bahan Membuat Urap Sayur Khas Sunda

Untuk membuat urap sayur terdapat dua bahan yang dibutuhkan. Yang pertama adalah bahan yang digunakan untuk campuran sayuran, sedangkan yang kedua adalah bahan untuk mengolah bumbu urap. Berikut ini bahan membuat urap sayur khas sunda :

Bahan Sayuran Urap Khas Sunda

Untuk membuat urap sayur khas sunda, Bahan campuran sayur urap yang dibutuhkan terdiri  dari :

  • 100 gram wortel yang telah dibersihkan kemudian dipotong kecil-kecil.
  • 50 gram kol putih yang telah dibuang tengahnya.
  • 100 gram toge yang telah disiangi
  • 1 ikat sayur kangkung yang telah dibersihkan, diambil pucuknya, dan dipotong kecil-kecil
  • 100 gram kelapa yang telah diparut

Bahan Bumbu Urap Sayur Khas Sunda

Selain bahan sayuran, yang perlu disiapkan adalah bahan bumbu urap sayuran. Berikut ini bahan bumbu urap sayuran khas sunda :

  • cabe rawit merah sesuai keinginan atau selera ingin pedas atau tidak
  • 2 buah cabe merah besar yang telah dibersihkan yang dibuang tengahnya
  • 1 siung bawang putih yang telah di kupas bersih
  • kencur seperempat jari kelingking
  • 1 gulung gula merah yang telah diris
  • garam, 1 sendok the atau secukupnya
  • penyedap rasa

Cara Membuat Urap Sayur Khas Sunda

Setelah seluruh bumbu telah disiapkan, urap sayur pun siap dibuat selanjutnya yaitu menuju cara pembuatan urap sayur khas sunda. Ada dua langkah yang perlu diperhatikan dalam membuat urap sayur khas sunda. Berikut ini cara membuat resep urap sayur khas sunda :

1) Rebus Semua Sayur

Tuangkan air dalam panci lalu didihkan. Masukan garam  lalu diaduk hingga merata. Sayur pertama yang perlu dimasak yaitu wortel karena sedikit keras. Rebus wortel dan tunggu hingga matang (empuk) lalu angkat dan tiriskan wortel. Selanjutnya rebus sayur tauge namun tidak terlalu karena sayur tauge sudah cukup empuk, angkat sayur tauge dan tiriskan.

Selanjutnya, masukkan sayur kol kemudian tunggu hingga sayur kol matang, angkat sayur kol dan tiriskan. Terakhir yaitu sayur kangkung, rebus sayur kangkung hingga layu lalu angkat sayur kangkung dan tiriskan. Semua sayur dalam pembuatan urap sayur harus direbus terlebih dahulu karena setelah itu sayur akan di urap atau dicampur langsung dengan bumbu.

2) Tumis Bumbu Urap

Setelah sayuran telah masak, selanjutnya adalah membuat tumis bumbu urap. Siapkan wajan yang telah dilumuri minyak sayur. Tumis bumbu halus hingga tercium aroma wangi. Tuangkan 1 sendok makan air lalu diaduk merata, kemudian masukkan kelapa parut, aduk kembali hingga bumbu tercampur merata.

Ketika aroma wanginya sudah tercium, masukkan semua sayuran yang telah masak kemudian campurkan bersama bumbu hingga bumbu meresap ke dalam sayur. Terakhir jika telah tercampur angkat urap sayur dan sajikan.


2. Resep Urap Sayur Khas Jawa

Resep Urap Sayur

Tidak jauh berbeda dengan resep urap sayur khas sunda, resep urap sayur khas jawa juga terdiri dari aneka sayuran.  Orang Jawa biasa menikmati urap sayur dengan ikan asin beserta nasi putih yang hangat.  Jika  tidak ada atau tidak suka dengan ikan asin , dapat pula menikmatinya  bersama  ikan bandeng , ayam goreng , tempe atau tahu goreng,  maupun lauk lain kesukaan.

Bahan Membuat Urap Sayur Khas Jawa

Untuk bahan resep urap sayur khas jawa sedikit berbeda dari bahan urap sayur khas sunda.  Terdapat tiga jenis bahan yang diperlukan untuk pembuatan urap sayur khas jawa. Berikut ini bahan-bahannya :

Bahan Sayuran Urap Sayur Khas Jawa

Bahan sayuran pada pembuatan urap sayur tidak jauh berbeda baik khas jawa, sunda maupun lainnya. Urap sayur terdiri dari beraneka macam sayur. Berikut ini bahan sayuran yang dibutuhkan :

  • Sayur  Kol 3 lembar yang telah  dipotong dengan lebar 1/2 senti meter atau sesuai selera
  • Sayur Tauge  sebanyak 75 gram telah dibersihkan bagian ujungnya
  • Daun singkong sebanyak 1 ikat dan dipotong menjadi bagian yang lebih kecil atau sesuai selera
  • Sayur Bayam  sebanyak 1 ikat telah di potong ujungnya dan di iris kecil-kecil
  • Kacang panjang sebanyak 6 lonjor, telah  dipotong-potong kecil atau sesuai selera

Bahan Sambal Kelapa Urap Sayuran Khas Jawa

Bahan sambal kelapa tidak ada dalam resep urap sayur khas sunda. Hal ini menjadi ciri khas dalam resep urap sayur khas jawa. Sebenarnya setiap urap sayur berbahan kelapa, hanya saja dalam resep urap sayur khas jawa, bahan sambal kelapa dibuat terpisah. Bahan yang dibutuhkan yaitu berupa kelapa yang diparut kasar sebanyak 300 gram.

Bahan Bumbu Halus Urap Sayur Khas Jawa

Selain bahan sayur dan bahan sambal yang tidak perlu di lupakan yaitu bahan pembuatan bumbu. Berikut ini bahan pembuatan bumbu halus urap sayur khas jawa :

  • Cabai merah keriting sebanyak 7 buah atau sesuai selera
  • Bawang Putih sebanyak 3 siung yang telah di kupas
  • Kenur sebanyak 3 senti meter
  • Kencur sebanyak 3 senti meter
  • Daun jeruk  sebanyak 6 lembar  yang telah dibuang tulangnya
  • Garam  sebanyak 1 ¼ sendok the atau sesuai selera
  • Gula Merah sebanyak sisir 4 sendok teh

Cara Membuat Urap Sayur Khas Jawa

Dalam pembuatannya, baik urap sayur khas sunda maupun jawa juga hampir sama. Untuk lebih lengkapnya berikut  cara pembuatannya :

1. Rebus Seluruh Sayur

Pertama yang perlu dilakukan yaitu, mendidihkan  air sebanyak 1/2 liter dalam panci. Karena seluruh sayur adalah bahan lunak, dapat dimasukkan secara bersamaan atau  bergantian. Jika tidak memiliki waktu lama dapat langsung memasaknya dalam air mendidih keseluruhan.

Masukan kacang panjang, sayur bayam, sayur kol, daun singkong, sayur tauge ke dalam air yang telah mendidih. Tambahkan 1/2 sendok teh garam, aduk hingga merata. Ketika telah  matang, angkat kemudian  tiriskan.

2. Adonan Sambal Kelapa

Untuk dapat membuat sambal kelapa, pertama-tama yaitu mencampur kelapa yang telah di parut dengan bumbu yang sudah dihaluskan. Kemudian siapkan dandang yang telah dididihkan dengan air. Kukus adonan sambal kelapa dalam dandang dalam waktu kurang lebih 25 menit. Ketika telah matang, angkat adonan.

Setelah adonan sambal kelapa telah siap, selanjutnya campurkan semua sayuran ke dalam adonan sambal kelapa. Aduk adonan sambal kelapa dan sayuran yang telah masak hingga merata. Sayur urap khas jawa telah siap disajikan.


3. Resep Urap Sayur Khas Betawi

Resep Urap Sayur Khas Betawi

Urap betawi mirip dengan menu gado-gado atau juga rujak sayur. Bedanya pada resep urap sayur khas betawi ini tidak menggunakan sambal kacang yang digunakan sebagai campurannya, melainkan hanya kelapa parut yang diberi bumbu.

Sehingga terasa terasa lebih gurih dan nikmat. Tidak hanya itu saja, kelebihan urap betawi ini juga memiliki campuran sayur yang lengkap.

Bahan Membuat Urap Sayur Khas Betawi

Dalam resep urap sayur khas betawi bahan-bahan penyusunnya dibagi menjadi dua jenis bahan. Yang pertama yaitu bahan campuran sayur, yang kedua tentu saja bahan untuk membuat bumbu urap.

Bahan Sayuran Urap Sayur Khas Betawi

Untuk membuat urap sayur khas betawi, terdapat beberapa bahan campuran sayur urap yang dibutuhkan yaitu :

  • Sayur Kol sebanyak 250 gram yang telah diiris ataupun dicincang kasar
  • Sayur Taoge sebanyak 200 gram yang telah dicuci bersih kemudian di buang tangkainya
  • Kacang Panjang sebanyak 1 ikat yang telah dipotong sebesar ukuran korek api
  • Sayur Wortel sebanyak 2 buah yang telah dipotong sebesar ukuran korek api
  • Daun Pepaya sebanyak 1 ikat yang telah dilemaskan dengan garam ( Boleh dihilangkan jika tidak suka pahit )

Bahan Bumbu Urap Sayur Khas Betawi

Selain bahan campuran sayur  yang tidak perlu di lupakan yaitu bahan pembuatan bumbu. Berikut ini bahan pembuatan bumbu halus urap sayur khas betawi adalah sebagai berikut :

  • Kelapa sebanyak ½ butir yang telah di parut kasar
  • Cabai merah sebanyak 3 buah yang telah dicuci dan dibuang bijinya
  • Bawang Merah sebanyak 3 buah bawang merah
  • Bawang putih sebanyak ½ siung
  • Terasi sebanyak 1 sendok teh
  • Kencur sebanyak 1 ruas
  • Daun Jeruk sebanyak 2 lembar
  • Garam sebanyak 1 sendok teh

Cara Membuat Urap Sayur Khas Betawi

Secara umum dalam proses pembuatan urap sayur, baik urap sayur khas sunda, jawa ataupun betawi juga hampir sama. Untuk lebih lengkapnya berikut  cara pembuatannya :

1. Rebus Seluruh Sayur

Kumpulkan seluruh sayur yang telah dibersihkan, kemudian rebus satu persatu sayur hingga matang dan empuk, jangan dicampur. Setiap sayur memiliki tingkat kematangan yang berbeda-beda. Tiriskan lalu selanjutnya simpan dalam wadah yang terpisah.

2. Mengolah Bumbu

Setelah seluruh sayur telah masak, selanjutnya adalah mengolah bumbu. Haluskan cabai, bawang merah, bawang putih, kencur, terasi, daun jeruk, serta tambahkan garam. Aduk merata namun tidak terlalu lama, agar seluruh bumbu halus rata  tercampur.

3. Mencampur Bumbu Dan Kelapa

Jika adonan bumbu halus telah tercampur, saatnya mengolah bumbu halus dengan kelapa parut. Campuran bumbu halus dan kelapa lalu aduk seluruhnya dengan merata. Kukus kelapa parut dan bumbu hingga matang.

4. Siapkan Wadah

Letakkan seluruh sayuran yang telah matang dalam wadah, kemudian ambil wadah lain untuk mencampur seluruh sayuran dengan bumbu yang telah dikukus menjadi satu. Aduk hingga merata.

5. Nikmati

Sajian Urap sayur siap untuk dinikmati, tambah beberapa lauk dan nasi hangat. Urap sayur yang lezat siap untuk segera dinikmati.

Itulah resep membuat urap sayur tradisional khas Jawa, Betawi dan Sunda. Satu resep biasanya dapat dimakan 3 hingga 4 orang. Jika ingin porsi yang lebih besar, dapat membuatnya dengan tambahan bahan lebih banyak, beserta bahan bumbu-bumbunya. Seluruhnya juga dapat dikombinasi sesuai selera. Sebagai masakan tradisional bahan dan bumbu urap sayur sering sekali diubah dan ditambah dengan aneka ragam. Silahkan mencoba dan berkreasi mandiri.

Resep Urap Sayur

Resep Soto Ayam

Alfiyah Mufidah
7 min read

Resep Ayam Bakar

Alfiyah Mufidah
7 min read

Resep Sayur Asem

Alfiyah Mufidah
7 min read

Tinggalkan Balasan