Ucapan Lebaran

Ucapan Lebaran

Ucapan Lebaran – Lebaran idul fitri dan idul adha merupakan hari raya besar umat Islam yang dirayakan setahun sekali. Dengan momen lebaran yang sangat bermakna dan paling dinanti-nanti, membuat orang ingin memberikan ucapan lebaran kepada setiap orang, baik anggota keluarga, tetangga bahkan tetangga jauh.

Dengan memberikan ucapan lebaran, kita bisa menunjukkan kepedulian kita terhadap orang lain. Selain itu orang akan merasakan ketulusan dari rasa sayang yang kita berikan melalui ucapan tersebut.

Ada lagi manfaat yang bisa kita dapatkan yaitu dapat mempererat tali persaudaraan dan memperbaiki hubungan yang telah renggang.

Seiring berjalannya waktu, ucapan lebaran bukan hanya sekedar mengucapkan selamat hari raya idul fitri ataupun idul adha. Tetapi Orang semakin kreatif dan berinovasi membuat ucapan lebaran yang unik dan juga menarik. Berikut ini adalah beberapa ucapan lebaran yang sangat unik dan bervariasi.


Ucapan Lebaran Menyentuh Hati

Ucapan Lebaran

Ucapan atau ungkapan saat lebaran tentunya ingin kita tujukan kepada orang tersayang agar meninggalkan kesan yang baik dan menyentuh. Berikut ini beberapa ungkapan lebaran yang bisa membuat orang lain tersentuh:

 

1. Ucapan Doa

Doa adalah hadiah terindah yang bisa kita berikan kepada orang yang kita cintai selain meminta maaf. Apalagi di hari raya nan suci ini, seluruh pintu doa  akan dibukakan selebar-lebarnya oleh Allah.

Dengan memberikan doa yang baik kepada orang lain akan berdampak kebaikan pula untuk diri kita sendiri. Selain itu memberikan doa akan menunjukkan rasa kepedulian terhadap orang lain. Contoh ucapan doa yang bisa kita berikan saat lebaran adalah seperti berikut.

“ Semoga Allah memberikanmu berkah yang akan membuat hidupmu bahagia. Dan semoga Allah memberikan jalan kesuksesan untukmu di hari ini dan seterusnya.”

 

2. Mempererat Silaturahim

Silaturahim adalah tali persaudaraan yang harus dijaga dan dipertahankan. Sayang, jika kita memutuskan tali silaturahim dengan keluarga, sahabat, bahkan rekan kerja yang sudah dikenal selama ini.

Dengan memberikan ucapan saat lebaran, kita bisa menjadikan sarana untuk menjaga hubungan dan tali silaturahim dengan sesama. Berikut adalah contoh ungkapan yang bisa digunakan untuk memperat silaturahim saat lebaran.

“ Mungkin ada perkataan dari lisan ini yang pernah menggoreskan luka di hati. Namun permohonan maaf di hari raya ini semoga bisa menyatukan kembali silaturahim. Semoga hari raya ini menjadi hari penuh berkah untuk kita semua.”

 

3. Hal Baik Penuh Berkah

Keberkahan dan kenikmatan di bulan ramadhan bisa kita dapatkan setelah melaksanakan puasa selama satu bulan dalam kondisi yang sehat. Dimana di bulan suci kita diberikan banyak kesempatan untuk berbuat kebaikan dan akan dilipatgandakan pahalanya.

Akan lebih baik di hari lebaran sebagai hari kemenangan jika kita mendoakan orang-orang yang kita sayangi dengan ucapan hari raya. Contoh ungkapan yang bisa kita ucapkan seperti ini “Di hari yang penuh berkah ini, semoga Allah selalu memberimu kebahagiaan.”

 

4. Untuk Sahabat

Sahabat adalah salah satu orang terdekat dengan kita yang bahkan sudah dianggap seperti keluarga. Kadang sahabat menjadi tempat berbagi yang selalu siap mendengar keluh kesah kita. Untuk itu, Kita bisa memberikan ucapan di hari lebaran untuk sahabat-sahabat yang kita miliki.

Contoh ucapan yang bisa kita berikan kepada sahabat kita adalah “Segala berkah yang Allah berikan sangat kusyukuri termasuk persahabatan yang kita jalani selama ini. Semoga engkau selalu dilimpahkan berkah oleh Allah. Selamat Meraih Kemenangan di Hari Raya Idul Fitri.”

 

5. Mengajak Tersenyum

Untuk menyambut hari raya yang penuh berkah ini, alangkah baiknya jika kita menunjukkan kebahagiaan dengan cara mengajak orang untuk selalu tersenyum. Meskipun sebenarnya ada kesedihan yang kita rasakan karena tidak bisa bertemu dengan keluarga.

Untuk membuat orang lain tersenyum kita bisa memberikan ucapan di hari lebaran seperti ini. “Di hari yang bahagia ini, tersenyumlah untuk menjemput kebahagian. Jangan menunggu bahagia untuk bisa tersenyum. Selamat Menikmati Kemenangan di Hari Raya ini.


Ucapan Lebaran Dengan Ungkapan Unik

Ucapan Lebaran

Memberikan ucapan lebaran tidak harus dengan cara yang umum. kita juga bisa mengucapkannya dengan cara yang unik sehingga akan lebih bermakna. Berikut ini ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengucapkan ungkapan lebaran dengan cara yang unik:

 

1. Pantun

Pantun merupakan cara yang unik untuk mengucapkan ungkapan kebahagiaan di hari lebaran. Selain itu dengan mengirimkan pantun, bisa meminta maaf sekaligus memberikan perhatian kepada orang-orang tersayang.

Contoh ucapan lebaran dengan pantun adalah sebagai berikut.

Menanam jagung dengan padi.

Padi disimpan didalam peti.

Hilangkan rasa dendam dan iri hati.

Raih kemenangan dan keberkahan di hari yang fitri.

 

2. Suka Cita

Seluruh umat muslim sangat menunggu kedatangan hari penuh kemenangan dan keberkahan ini. Oleh itu mereka menyambutnya dengan kebahagiaan dan suka cita. Memberikan ungkapan suka cita di hari lebaran bisa dengan memohonkan doa dan menggambarkan keadaan alam yang seakan akan merakan hal serupa.

“Matahari yang tersenyum, pohon-pohon yang menari, dan burung-burung yang bernyanyi seakan-akan mengiri kebahagiaan di hari yang penuh berkah ini. Kuharap itu semua berkat doa yang kulantunkan untukmu. Selamat merayakan hari Kemenangan nan Suci ini, saudaraku.”

Itulah contoh yang bisa kita gunakan untuk mengirimkan ucapan selamat pada hari raya idul fitri maupun idul adha.

 

3. Permohonan Maaf

Hari lebaran menjadi momen terbaik untuk memohon maaf atas kesalahan yang sudah kita lakukan kepada orang lain. Apalagi kita akan mudah bertemu dengan teman lama yang mungkin bekerja di luar kota, dan hanya bisa kembali di hari raya saja.

Selain dapat memperbaiki hubungan, memohon maaf adalah perubatan yang baik sehingga sayang jika dilewatkan di momen seperti ini. Berikut adalah contoh yang bisa kita gunakan untuk memohon maaf.

“ Seiring berjalannya waktu, banyak kesalahan yang telah kuperbuat baik yang di sengaja maupun tidak. Di hari yang fitri ini, izinkan diri ini untuk memohon maaf.”

 

4. Ramadhan Akan Berakhir

Ramadhan adalah bulan penuh rahmat yang hanya akan datang satu bulan dalam satu tahun. Dimana segala kebaikan yang kita lakukan akan dilipatgandakan dan dibukakan pintu maaf sebesar-besarnya.

Sayang jika bulan penuh kebaikan ini berakhir, tetapi mau ataupun tidak, suka ataupun tidak bulan ini akan digantikan dengan bulan lainnya. Untuk itu kita bisa mengekspresikan rasa sedih ini saat memberikan ucapan di hari lebaran.

Ini salah satu ungkapan yang bisa kita gunakan. “ Meskipun bulan ramadhan ini akan segera berakhir, semoga Allah tetap melimpahkan keberkahan dan rahmat-Nya kepada kita semua di hari ini.”


Ungkapan Permintaan Maaf di Hari yang Fitri

Ucapan Idul Fitri

Momen yang tepat untuk meminta maaf adalah di hari raya idul fitri. Dimana hari ini menjadi momen kemenangan untuk seluruh umat muslim yang telah menjalankan puasa selama satu bulan. Untuk itu, ada beberapa ungkapan permintaan maaf yang bisa kita kirimkan kepada orang tersayang.

 

1. Menjaga Tali Silaturahin dan Persaudaraan

“Kesalahan yang pernah kulakukan baik yang terucap maupun dari perlakuanku yang tidak sengaja hendaklah jangan menjadi pemutus tali persaudaran kita. Di hari yang suci ini, saya bersama seluruh keluarga memohon maaf yang sebesar-besarnya.”

Ungkapan tersebut bisa kita gunakan untuk memberikan ucapan lebaran sekaligus meminta maaf atas segala kesalahan. Walaupun kita merasa tidak pernah melakukan kesalahan, tapi bisa saja ada perlakuan atau ucapan kita yang menyakiti perasaan orang lain.

Jika timbul rasa benci hanya akan membuat hubungan menjadi renggang dan yang lebih parah putusnya tali silaturahim.

 

2. Setiap Manusia Memiliki Kekurangan

Adakalanya kita sebagai manusia merasa diri ini telah sempurna, sehingga lebih mudah untuk melihat kesalahan orang lain. Karena setiap manusia dianugerahi kekurangan dan kelebihan tersendiri.

Untuk itu kita harus memanfaatkan waktu yang tepat ini untuk meminta maaf. Meminta maaflah kepada siapapun tanpa terkecuali karena kita tidak tahu siapa yang pernah tersakiti oleh kita.

“Diri ini hanyalah manusia biasa yang tidak luput dari kesalahan dan khilaf. Mungkin ada banyak perkataan yang terucap dan perlakuan yang tidak mengenakkan, mohon dimaafkan. Sudilah kiranya engkau mau menerima permohonan maaf di hari yang fitri ini kawan.”

Atau bisa dengan “Setiap orang memiliki sifat untuk melakukan salah dan khilaf. Sedangkan kita tetap wajib untuk meminta maaf agar hati ini kembali kepada fitrahnya. Ku ucapkan maaf untuk segala kesalahan di masa lalu. Selamat merayakan hari idul fitri.”

 

3. Memberi Kesempatan Kepada Orang Lain

Sebagai hari kemenangan karena setiap orang dibersihkan dari seluruh dosa sehingga membuatnya kembali suci bagai bayi. Untuk itu akan menjadi ajang untuk saling meminta maaf. Untuk itu jika orang telah memaafkan diri kita, sudah seharusnya kita melakukan hal serupa.

Dengan saling memafkan, hari raya idul fitri ini akan menjadi hikmad dan bermakna. Ucapan yang bisa kita gunakan, contohnya sebagai berikut.

“ Sebaik-baiknya pendosa adalah yang berani untuk bertaubat. Untuk itu, saya ingin meminta maaf atas kesalahan di masa lalu yang mungkin pernah menyakitimu.” Atau bisa dengan “Takbir telah berkumandang menjadi pertanda bahwa ramadhan akan berakhir. Alangkah sempurna dan bahagianya jika mau untuk saling memaafkan di hari yang suci ini.”

 

4. Melengkapi Hari yang Suci

Saling memaafkan akan melengkapi kebahagian di hari raya idul fitri. Dimana semua mendapatkan kemenangan dan keberkahan setelah menjadi suci kembali. Mungkin jika masih ada dendam yang tersimpan akan menjadi beban bagi kita maupun orang lain.

Untuk itu, mengurangi beban dan juga memperbaiki lagi hubungan yang telah renggang kita bisa memberikan ucapan permohonan maaf di hari lebaran.

“Hari yang berbahagia ini akan terasa kurang tanpa maaf darimu, sahabat. Mohon maafkan segala perlakuan dan ucapanku yang telah menyakitimu selama ini.” Atau bisa dengan “Setelah sebulan lamanya tubuh ini menahan dari segala hawa nafsu dan bersabar dengan cobaan, maka akan lahir hati yang suci. Ketika hati menjadi bersih, maka kebahagaiaanpun akan senantiasa menyertai. Selamat merayakan hari kemenangan ini.”


Ucapan Lebaran Untuk Orang Terdekat

Ucapan Lebaran

Ucapan di hari lebaran biasanya akan kita kirimkan kepada orang terdekat lebih dahulu. Karena orang terdekatlah yang selalu ada disaat susah maupun senang. Untuk itu perlu bagi kita untuk mendahulukan orang terdekat untuk diberikan ucapan lebaran.

 

1. Untuk Seseorang

“Sebelum hari berganti dan menjadi terlambat, biarkan saya untuk memanjatkan doa untukmu. Dan berbahagialah di hari idul fitri yang penuh berkah ini.”

Itu adalah salah satu contoh ungkapan yang bisa kita kirimkan kepada seseorang yang dirasa spesial. Selain bisa meningkatkan hubungan persahabatan, juga bisa mempererat jalinan silaturahim.

 

2. Untuk Keluarga

Selain bisa ditujukan untuk seseorang, ungkapan selamat di hari lebaran bisa kita berikan kepada seluruh anggota keluarganya. Mungkin ini bisa juga untuk yang sedang di luar kota dan tidak bisa kembali pulang menemui sanak saudara.

Contoh ungkapan yang bisa diberikan adalah sebagai berikut “Sangat disayangkan, tahun ini kita tidak bisa bersama atau sekedar bertatap muka. Hanya beribu-ribu maaf yang bisa kukatakan untuk menyempurnakan hari yang berbahagia ini.”

 

3. Memeluk dengan Doa

Jarak bukanlah penghalang untuk bisa tetap saling bercengkrama dan tegur sapa. Dengan mengirimkan doa di hari raya, kita juga dapat memeluk orang yang terkasih dari jauh. Kata-kata manis yang kita kirimkan tentunya akan membuat mereka terharu karena masih menyempatkan untuk mengirim doa dari jauh.

Untuk itu kita bisa mengirimkan contoh ungkapan lebaran dengan doa seperti berikut ini. “Hanya dengan doa, ku bisa merangkulmu dari jauh agar tetap dekat dengan hatiku. Semoga Allah selalu merahmatimu dengan kebahagiaan, dan kita bisa segera dipertemukan kembali. Selamat kembali menjadi suci di Hari Raya Idul Fitri”

 

4. Pesan Sayang Nan Hangat

Ucapan lebaran bisa juga kamu berikan sebagai pesan yang memberikan kehangatan dan menunjukkan rasa sayang. Apalagi pesan itu memang ditujukan untuk orang yang benar-benar kita sayangi, seperti pasangan, keluarga, ataupun sahabat.

Dengan ucapan ini akan menunjukkan ketulusanmu dalam mencintainya dengan penuh kasih sayang. Ada contoh ungkapan yang menunjukkan rasa sayang. “ Selamat Hari Raya Idul Fitri, semoga engkau bisa merasakan kehangatan dan penuh kasih sayang dari pesan ini. Pesan ini hanya ketujukan untukmu saja.”

 

5. Bermakna Meski Sederhana

Mungkin tidak semua orang menyukai hal-hal yang berbau melankolis, dan hanya menyukai hal-hal yang biasa saja. Untuk itu ada beberapa pilihan kata yang bisa kita berikan kepada orang tersebut tapi tetap memberikan makna yang mendalam.

Contoh ungkapan yang bisa kita gunakan dalam menghadapi situasi seperti ini, misalnya “Taqobbalallahu minna wa minkum. Semoga Allah memberimu kebaikan dan rahmat. Selamat berbahagia meraih kemenangan.”

 

6. Kembali Suci

Di hari yang spesial ini, ada baiknya jika kita menebarkan kepada kebaikan dan mengajak orang lain untuk melakukan hal yang serupa. Dari sekian banyak ungkapan yang bisa kita berikan, ini adalah salah satu ungkapan yang bisa kita berikan.

“Mari sucikan hati dan bersihkan jiwa, kembali menjadi fitri di hari kemenangan yang penuh berkah ini. Jadikan lebaran tahun ini sebagai hari yang paling bemakna”

Tautan: Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri


Menjadi Doa yang Baik

Ucapan Idul Fitri

Doa adalah salah satu hadiah terbaik yang bisa kita berikan kepada orang lain. Yang terkadang lebih bermakna dibandingkan uang ataupun barang. Berikut ini adalah ucapan lebaran yang bisa kita berikan sebagai doa.

 

1. Akhir Ramadhan Menjadi Permulaan

Orang terkadang lupa bahwa setelah ramadhan berakhir, mereka tidak perlu susah payah berpuasa kembali karena dosa-dosa yang dimiliki pun telah dibersihkan. Namun setelah ramadhan berakhir, justru menjadi awal bagi kita untuk meningkatkan kembali ibadah kita.

Hari lebaran ini bisa kita jadikan kesempatan untuk mengingatkan akan hal tersebut, dengan memberikan ucapan seperti berikut. “Akhir ramadhan bukanlah akhir dari semuanya melainkan awal dari perjuangan kita untuk meningkatkan ketaqwaan. Tetaplah istiqomah agar senantiasa berada jalan menuju surga.”

 

2. Doa Sebagai Makanan Hati dan Jiwa

Kita bisa mengingatkan orang lain untuk bisa mengambil hikmah atau nilai positif setelah melakukan sesuatu. Kita bisa melakukannya dengan mengirimkan kata-kata bijak yang bisa mengingatkan orang lain akan hal tersebut.

Contohnya seperti ini, “ Perut boleh kosong, dahaga boleh menghampiri. Tetapi dengan begitu akan mengingatkan kita terhadap kesusahan orang lain yang tidak bisa makan dan minum setiap harinya.”

“Semoga rasa lapar dan dahaga yang telah kau tahan selama satu bulan ini, akan menjadi penolongmu di kemudian hari. Dan juga menjadi pengingat kita untuk tetap bersyukur karena orang lain di luar sana banyak yang tidak seberuntung kita.”

 

3. Mengharapkan yang Terbaik

Ucapan yang kita berikan bisa jadi sebuah doa atau pengharapan yang baik. Mengingat banyaknya kebaikan yang bisa kita ambil di bulan ramadhan. Dan kemenangan di hari lebaran yang penuh dengan keberkahan.

Hal ini bisa menjadi saat yang tepat untuk meminta doa dan harapan yang baik terutama agar kita senantiasa meningkatkan ibadah dan ketaqwaan. Untuk itu, berikanlah contoh ucapan seperti berikut.

“Semoga dengan sampainya kita di hari penuh kemenangan ini, bisa menjadikan kita hamba yang bertaqwa. Sehingga Allah akan terus melimpahkan rahmat dan kasih sayangnya kepada kita semua. Maafkan segala kesalahan yang membekas meskipun kita tidak dapat berjumpa. Selamat hari raya!”

 

4. Perbuatan Baik Diterima

Sebagai seorang muslim, kita dianjurkan untuk berbuat kebaikan terhadap sesama. Salah satunya dengan memberikan doa yang terbaik. Kata-kata mutiara atau bijak bisa menjadi inspirasi  saat memberikan ucapan di hari lebaran.

Doa yang bisa kita berikan saat memberikan ucapan di hari lebaran seperti berikut ini. “Semoga Allah senantiasa menerima dan meridhoi segala macam perbuatan yang kita kerjakan di bulan Ramadhan. Semoga hari raya ditahun ini menjadi hari yang paling membahagiakan untuk kita semua!”

Atau bisa juga dengan “Segala perbuatan yang baik tidak akan berakhir sia-sia. Apa yang kita terima berasal dari apa yang telah kita lakukan. Semoga perbuatan baikmu menjadi penolongmu di masa depan. Selamat menikmati kebahagiaan di hari yang suci ini.”

 

5. Agar Dibukakan Pintu Menuju Kesuksesan

Siapa yang tidak akan senang jika diberikan doa agar menjadi sukses? Tentunya semua orang akan menyukainya dan hal ini akan membuat orang semakin sayang terhadap kita. Di hari yang bahagia ini, jadikan momen untuk saling mendoakan kebaikan dan mempererat tali silaturahim.

Kebaikan yang kita berikan kepada orang lain, akan berdampak baik pula kepada kita meskipun bukan orang itu yang membalasnya. Untuk itu, kamu bisa mendoakan kesukseskan kepada orang lain seperti ungkapan berikut.

“Semoga segala kebaikan yang telah kau lakukan di bulan Ramadhan ini akan menjadi pembuka jalan menuju kesuksesan.!” Atau juga bisa dengan ungkapan seperti ini. “Setelah berjuang selama satu bulan ini semoga bisa membukakan jalan untuk kita semua terhadap kesuksesan. Semoga Allah melimpahimu dengan keberkahan di hari yang fitri ini.”


Demikianlah beberapa ucapan lebaran yang bisa kita berikan kepada orang-orang terdekat kita. Dengan memberikan ucapan kita, kita bisa menunjukkan ketulusan rasa sayang terhadap mereka.

Selain bisa memperbaiki hubungan yang telah renggang, kita juga bisa mempererat tali persaudaraan. Gunakanlah kesempatan di hari raya ini dengan sebaik-baiknya, karena belum tentu kita masih bisa dipertemukan dengan hari raya berikutnya.

Ucapan Lebaran

Tinggalkan Balasan